Sidang Terbuka Ujian Doktor Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Si. Di Universitas Airlangga Surabaya

Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta secara resmi telah menambah satu Dosen dengan Gelar Doktor. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Si. dikukuhkan sebagai Doktor ke-99 dari Program Studi Doktor Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, Senin 15 Juli 2024. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Si. dinyatakan Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertasinya didepan delapan Penguji dan para Undangan Akademik dalam Sidang Terbuka Ujian Doktor.



Disertasi berjudul “Stres Akulturatif ditinjau dari Dukungan Sosial, Kecemasan Antar Kelompok, Harga Diri Kolektif, dan Konstrual Diri pada Mahasiswa Internasional di Indonesia” yang ditulis oleh Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Si., mengangkat tema tentang potensi Stres pada Mahasiswa Internasional yang sedang menempuh Studi di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia sehingga lingkungan baru dan perbedaan budaya yang dialami oleh Mahasiswa Internasional memiliki potensi untuk menimbulkan Stres Akulturatif.







Disertasi ini dapat menjadi bahan landasan bagi pengembangan kebijakan publik yang lebih Inklusif dan mendukung bagi populasi yang mengalami Stres Akulturatif, seperti Mahasiswa Internasional, Imigran, ataupun Kelompok Minoritas. Universitas diharapkan menyediakan pelatihan dan Workshop yang terfokus pada manajemen kecemasan dan peningkatan keterampilan komunikasi antar budaya untuk membantu Mahasiswa Internasional merasa lebih aman dan nyaman. Layanan konseling kesehatan mental di kampus dapat membantu pengurangan Stres Akulturatif melalui dukungan sosial dan menyediakan informasi di lingkungan baru.





Selamat dan Sukses dengan gelar Doktor baru yang disematkan kepada Bapak Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi., semoga memberikan kontribusi keilmuan dan memperkuat Fakultas Psikologi untuk segera membuka Program Studi S2 Magister Sains dan Profesi Psikolog.




Dokumentasi dan Editor : Tim Humas Fakultas Psikologi UNS