Siapkan Rencana Pendirian Profesi Psikolog, Fakultas Psikologi Menggelar Kuliah Umum Discovering Your Future in Psychology : Peta Pendidikan dan Karir Mahasiswa Psikologi di Indonesia

Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret pada tanggal 4 September 2024 mengadakan kuliah umum yang diselenggarakan di Auditorium GPH Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret.  Kuliah Umum yang digelar ini mengambil tema “Discovering Your Future in Psychology : Peta Pendidikan dan Karir Mahasiswa Psikologi di Indonesia”.  Kuliah umum ini menghadirkan narasumber Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (PP HIMPSI), Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog dengan peserta kuliah umum adalah mahasiswa Psikologi angkatan 2023 dan 2024.



Pada sambutannya, Plt. Dekan Fakultas Psikologi, menyampaikan bahwa saat ini kesehatan mental menjadi perhatian di berbagai bidang, oleh karenanya psikolog menjadi profesi yang paling dicari.



Bagi mahasiswa Psikologi, ini menjadi kesempatan besar khususnya untuk mengembangkan potensi dan pendidikannya.  Kegiatan Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian, Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Program Studi Psikologi pada penerimaan mahasiswa baru UNS di tahun 2024, menjadi prodi yang masuk dalam 5 besar dengan tingkat keketatan tertinggi. Hal ini menunjukkan tingginya peminat terhadap program studi ini.



Oleh karena itu, diharapkan Fakultas Psikologi UNS dapat terus berkembang salah satunya melalui pendirian Program Profesi Psikolog dan Magister Sains Psikologi. Lebih lanjut sambutannya ini pula, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Penelitian mengharapkan melalui kegiatan kuliah umum ini dapat membantu mahasiswa dan segenap civitas akademik Fakultas Psikologi dalam MenyusunRencana Pendidikan dan Karir ke depannya.



Kegiatan kuliah umum dibagi menjadi dua sesi yaitu pemaparan materi oleh narasumber dan tanya jawab. Pada pemaparannya, Dr. Andik Matulessy, M.Si., Psikolog menyampaikan mengenai perubahan perilaku yang terjadi sebagai dampak teknologi, pendidikan psikologi yang mungkin dipilih oleh para alumni, begitu juga dengan pekerjaan yang mungkin dipilih oleh alumni Fakultas Psikologi.



Sebagai induk organisasi psikologi, dimana beliau sebagai Ketua Umum PP HIMPSI menmberitahukan bahwa HIMPSI menaungi 21 asosiasi dan ikatan psikologi di Indonesia.



Tanya jawab pada bagian akhir kuliah umum dibagi menjadi dua sesi.  Hal ini dilakukan untuk mahasiswa Psikologi dari angkatan 2023 dan 2024 agar antusias mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber.







Berbagai pertanyaan disampaikan oleh mahasiswa, diantaranya menanyakan tips memiliki integritas sebagai psikolog, pendapatan profesi, jenis-jenis bidang psikologi dan berbagai pertanyaan lain terkait profesi psikolog.




Dokumentasi dan Editor : Tim Humas Fakultas Psikologi UNS